Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Sabtu, 29 Juni 2013

Dari Mushola Bambu Ke Masjid Batu


Semangat Beribadah Bersama
Perumahan Tjitra Mas Residence sebagai kompleks perumahan sederhana dengan jumlah 350 rumah, berada di wilayah RT 4 RW 1 Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor sampai 2013 belum memiliki masjid.
Gambar di sela peringatan Maulid Nabi Muhammad, 2012
Perkembangan bidang peribadatan masyarakat di perumahan yang mulai berpenghuni dari 2010 ini, hanya sebatas menggunakan fasilitas mushola sementara yang terbuat dari bilik bambu. Oleh karenanya, warga perumahan apabila akan menunaikan ibadah shalat Jum’at maupun shalat hari raya selama 3 tahun ini harus ke masjid yang paling dekat dengan Perumahan Tjitra Mas Residence, yaitu masjid Al-Muttaqin di pertigaan pintu masuk Kompleks Perumahan Induk Koperasi Angkatan Darat (INKOPAD), atau sekitar 5 kilometer.
Sejak adanya Mushola Al-Muhajirin yang dibangun atas swadaya warga perumahan dengan menggunakan bilik bambu pada bulan November 2011, telah membantu diadakannya jamaah shalat rawatib dan kegiatan keagamaan lainnya, namun untuk jamaah shalat Jumat belum dapat dilakukan karena banyaknya keterbatasan sarana.
Gambar Pemasangan tiang pertama Mushola Bambu
Seiring dengan bertambahnya waktu dan semakin meningkatnya kesadaran warga muslim Perumahan Tjitra Mas Residence, maka keberadaan dan kondisi Mushola Al-Muhajirin yang terbuat dari bilik bambu semakin kurang memadai untuk para jamaah. Jika shalat jamaah rawatib dengan kondisi musim hujan, jamaah akan kehujanan karena atap yang digunakan masih menggunakan asbes serta air hujan masuk ke dalam mushola melalui sela-sela bilik bambu yang terbuka. Demikian juga ketika kegiatan di bulan Ramadhan, sebagian jamaah masih menempati halaman tanpa atap dan tanah lapang yang keras. Mengingat sejak pembangunan pertama sampai sekarang masih menggunakan bilik bambu dan belum mengalami perubahan bangunan permanen maka perlu adanya pembangunan untuk perubahan kondisi fisik yang baik.
Mengingat pertumbuhan kesadaran warga yang begitu cepat, dan melihat kondisi yang sedemikian rupa serta didorong rasa tanggung jawab terhadap syi’ar Islam dan Ummat, timbul niat, tekad dan keinginan yang kuat untuk membangun Mushola Al-Muhajirin yang sampai sekarang masih dari bahan bilik bambu menjadi Masjid Al-Muhajirin secara permanen yang lebih representatif, sebagaimana yang didambakan dan dibutuhkan oleh umat Islam di wilayah Perumahan Tjitra Mas Residence dan warga RW 1 Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor.
Tahap pertama pembangunan turap untuk mencegah longsornya lahan yang tinggi yang sudah selesai pertengahn Juni ini. Untuk selanjutnya, tahap kedua berupa pembangunan pondasi dan tiang direncanakan Oktober, dan secara berurutan hingga sempurna ditargetkan Juli 2014 

Tidak ada komentar: