Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Minggu, 30 Juni 2013

Khataman Kitab Tanqihul Qoul

Pengajian Sejak November 2011, 40 Bab Pembahasan

Di penghujung bulan Syaban, jamaah pengajian Al-Muhajirin akan melangsungkan khataman pada malam senin ini (30/6). Khataman ini juga dimaksudkan untuk merekam kembali perjalanan pembahasan kitab Tanqihul Qoul, kitab yang ditulis oleh Imam Nawawi Albantani, dalam pengajian rutin malam senin oleh Jamaah Mushola Al-Muhajirin, di Perumahan Tjitra Mas Residence di desa Kalisuren, Tajurhalang, Bogor, yang diasuh Ustadz Khamdan.
Pembahasan kitab ini juga sekaligus mengingat kembali kemuliaan seorang ulama besar Banten yang selama hidupnya berada di tanah suci. Syekh Muhammad bin Umar Nawawi Al-Bantani Al-Jawi, adalah salah satu ulama Indonesia yang terkenal di dunia, lahir di Kampung Pesisir, Desa Tanara, Kecamatan Tanara, Serang, Banten, 1815. Sejak umur 15 tahun pergi ke Makkah dan tinggal di daerah Syi’ab Ali, hingga wafatnya 1897, dan dimakamkan di Ma’la. Ketenaran beliau di Makkah membuatnya di juluki Sayyidul Ulama Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz). Tanah Hijaz adalah nama daerah yang sejak 1925 diubah namanya menjadi Saudi Arabia, setelah Keluarga Saud mengkudeta Khalifah Syarif Husein.
Di antara ulama Indonesia yang sempat belajar ke Beliau adalah Syaikhona Khalil Bangkalan dan Hadratusy Syekh KH Hasyim Asy’ari. Kitab-kitab karangan Imam Nawawi banyak sekali diterbitkan di Mesir. Selanjutnya kitab-kitab beliau itu menjadi bagian dari kurikulum pendidikan agama di seluruh pesantren di Indonesia, bahkan Malaysia, Filipina, Thailand, dan juga negara-negara di Timur Tengah. Dan, salah satu kitab yang sudah dibahas dalam pengajian Jamaah Al-Muhajirin adalah kitab Tanqihul Qoul, yang disampaikan oleh ustadz Khamdan.
Pembahasan dari bab 1 sampai bab 40 berlangsung sampai 18 bulan atau sekitar 64 minggu pertemuan, yang dimulai pada November 2011 sampai Juli 2013. Masing-masing bab selalu diiringi penjelasan yang berdasarkan problem keseharian dari para Jamaah. Tak heran jika dalam 1 bab bisa dibahas lebih dari 2 pertemuan karena banyaknya uraian dan pertanyaan.

Tidak ada komentar: