Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Rabu, 19 Februari 2014

Hidup Bukan Jalan Pintas

Kita terbiasa dikondisikan untuk meraih keinginan dengan cara2 yang instant dan tidak melewati prosedur yg benar berupa perubahan dalam pola hidup kita.
Kalau mau dapat ijazah PhD yah harus sekolah, cari beasiswa, berjam-jam berkutat dg buku, bergadang di lab atau di perpustakaan, dan menulis di depan komputer. Tidak bisa dg plagiat, copy+paste sana-sini atau malah membeli ijazah.
Kalau mau tubuh yang sehat, maka ubahlah pola makan kita dan hindari rokok apalagi alkohol. Serta mulailah berkeringaf dan susah payah dalam berolahraga. Tidak bisa kita mau hidup sehat hanya dg mengonsumsi suplemen tertentu atau hanya sekedar menurunkan berat badan. Hidup sehat itu target jangka panjang dan merupakan cermin dari pola hidup yang juga sehat. Kalau minum anti biotik tapi pola hidup kita tetap tidak sehat ya tidak akan sembuh.
Kalau mau semakin mendekatkan diri pada Tuhan, tidak bisa kita menempuh jalan pintas mau menjadi sufi hanya dg posting kata2 mutiara, wirid tertentu atau mengganti penampilan dg sorban atau jilbab semata. Kita harus mengubah pola hidup kita dlm berinteraksi dg sesama makhluk serta terus menerus memperbaiki akhlak kita. Tidak ada jalan pintas dlm membersihkan kotoran hati dan mengabdi pada umat.
Kalau kita ingin jadi ustad atau memahami ilmu agama, ya harus belajar dengan serius ilmu tafsir, hadis, usul al-fiqh, dan fiqh serta ilmu kalam. Tidak bisa hanya ikut halaqah terus nyalah2in orang yg tdk sepaham dg mengutip google lalu ceramah kesana kemari biar dipanggil ustad.
Kalau mau sukses dalam berkarir, tidak bisa dilakukan dg tebar pesona kepada boss ataupun tebar duit sana-sini. Kita harus berangkat kerja lebih pagi dan pulang lebih akhir, bekerja dg komitmen tinggi serta berprestasi dlm setiap kesempatan. Tidak mudah bukan?
Mereka yang memilih jalur pintas biasanya akan cepat sukses atau terkenal, namun tidak akan lama. Mereka akan cepat jatuhnya spt para ustad atau politisi karbitan. Itulah fenomena yg sekarang kita lihat di sekeliling kita. Mari kita sama-sama mengambil pelajaran dan berusaha mengubah pola hidup kita untuk hidup yang lebih bermakna dan bermanfaat. Mudah utk dituliskan, namun sulit utk kita jalankan, bukan?
Selamat menikmati akhir pekan dan tetaplah optimis!

Tidak ada komentar: