Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Minggu, 01 September 2013

Gerakan Sedekah Pohon Al-Muhajirin

Upaya Melestarikan Jenis Pohon Langka
Untuk melestarikan lingkungan sekitar sekaligus upaya untuk menjaga keberadaan pohon-pohon khas daerah yang kini semakin jarang ditemukan, Pengurus Al-Muhajirin punya program yang direncanakan untuk 3 bulan ke depan, yaitu sedekah pohon. Setidaknya kegiatan ini akan mengumpulkan beragam pohon-pohon yang semakin asing ditemukan sebagai identitas masyarakat terdahulu.
Prosesi sedekah ini akan direncanakan dalam bulan pertama dengan pendataan jenis-jenis pohon yang akan dilestarikan. Menurut keterangan Ustadz Taufiq selaku ketua pengurus Al-Muhajirin, salah satu contoh pohon yang mungkin sudah sulit dijumpai adalah jamblang.
Sependapat dengan itu, Lutfi Ibrahim menyebutkan pohon buni dan pohon kecapi. “Dulu ketika masa kecil, orang Betawi banyak menggunakan batang kecapi untuk bermain-main, namun kini sudah sangat jarang dijumpai”.
Kegiatan yang digagas para jamaah Subuh Ahad pagi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi muda agar mencintai lingkungan, demikian juga untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat karena banyak yang tidak mengetahui jenis-jenis pohon khas budaya masing-masing.
“Penanaman nilai-nilai cinta lingkungan merupakan hal yang sangat penting, karena sesungguhnya Nabi Adam keluar dari surga justru karena merusak lingkungan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya manusia melestarikan lingkungan agar bisa masuk surga.” Tutur ustadz Khamdan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah.. Luar biasa sekali kegiatan. "Gerakan Sedekah Pohon Al-Muhajirin". Membuat kita semua ingat tentang pentingnya ke indahan alam dan lingkungan sekitar..

Saya sangat senang sekali, walaupun rumah saya blm di tempatin di sana. Tapi bisa tetap bisa up date informasi2 sekitar perumahan saya.. Thz..:o) .

Unknown mengatakan...

Selamat bergabung dlm komunitas Muhajirin TMR..
Silakan diikuti update perkembangan informasinya