Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Jumat, 30 Agustus 2013

Belajar Membaca Qur'an Tiap Ahad Subuh

Nabi Muhammad [Saja] Baru Belajar Qur'an Usia 40 Tahun
Imam Bukhari, meriwayatkan dalam Shahih-nya dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
Aisyah Radhiyallahu Anha berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan baik dan lancar, maka ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan kesulitan, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Imam Muslim, dari Umamah Al-Bahili Radhiyallahu Anhu meriwayatkan, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yang membaca dan mengamalkannya) ”
Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di rumah rumah Allah (masjid) dalam rangka membaca Kitabullah (Al-Qur’an), mempelajari serta mengajarkannya di antara mereka, melainkan akan turun ketenangan dan ketentraman kepada mereka. Mereka akan dipenuhi oleh rahmat dan para malaikat akan senantiasa mengelilingi mereka serta Allah akan menyebut nama mereka di sisi para malaikat.”(HR. Muslim)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Al-Qur’an akan datang pada Hari Kiamat seraya memohon, ‘Ya Rabb! Hiasilah ia (pembaca Al-Qur’an), maka Allah-pun memakaikan mahkota kemuliaan. Lalu ia berkata lagi, ’Tambahkan ya Allah!’ Maka Allah-pun memakaikan perhiasan kemuliaan. Iapun meminta lagi, ’Ridhailah ia ya Allah’. Lalu Allah-pun meridhainya. Lalu ia berkata, bacalah dan perbaikilah bacaanmu, dan setiap ayat akan ditambahkan satu kebaikan.”(HR. At-Tirmidzi dan hadits ini hasan)
Menyadari hal itulah, maka jamaah subuh Mushola Al-Muhajirin mengadakan kegiatan belajar mengaji Al-Qur’an setiap Ahad subuh, yang akan dimulai pada 1 September besok. Tidak ada keterlambatan dalam hal belajar membaca Al-Qur’an karena sesungguhnya Nabi Muhammad baru belajar tentang Al-Qur’an justru diusia 40-an tahun.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mari kita giatkan sholat subuh berjama'ah

Unknown mengatakan...

mari giatkan sholat subuh berjama'ah

Unknown mengatakan...

Mari bersama membangun komunitas subuh berjamaah