Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Senin, 26 Agustus 2013

Agustus, Bulan Gratis Vitamin A

Dapat Diperoleh di Bidan, Puskesmas, dan RS
Pemberian Vitamin A gratis sedang dilakukan di Posyandu dan klinik kesehatan terdekat dengan Perumahan Tjitra Mas Residence. Jangan ragu untuk membawa Balita Anda agar mendapatkan Vitamin A yang menjadi program pemerintah di bulan Agustus.
Manfaat Vitamin A banyak sekali berhubungan dengan mata. Tapi sebenarnya, Vitamin A juga memiliki banyak manfaat lain. Vitamin A merupakan Vitamin yang larut dalam lemak. Didalamnya terdapat senyawa seperti retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Retinol adalah senyawa yang memiliki peran paling banyak dalam tubuh.
Berikut ini adalah beberapa manfaat Vitamin A:
Vitamin A sangat berperan dalam pembentukan indera penglihatan. Vitamin ini akan membantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak. Vitamin A memainkan peranan penting dalam meningkatkan penglihatan pada malam hari dan membantu mata dalam menyesuaikan terhadap perubahan cahaya.
Vitamin A melindungi tubuh dari infeksi organisme asing seperti bakteri patogen. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin ataupun serangan mikroorganisme parasit.
Vitamin A adalah nutrisi penting untuk mendukung pengobatan dan pencegahan berbagai jenis penyakit.
Vitamin A atau retinol dipercaya mempunyai dampak positif meningkatkan pertumbuhan dan imunitas.
Vitamin A membuat sel-sel mukosa (lendir) dan kulit menjadi sehat. Selaput mukosa yang sehat dan tetap lembab dapat menjaga kerusakan sel. Kurangnya kelembaban mendorong penyakit menular. Sel-sel mukosa sehat sangat penting untuk mencegah kanker. Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker. Hal ini termasuk mengurangi pertumbuhan tumor dalam kanker dan mencegah pertumbuhan sel-sel leukemia. Vitamin A terutama sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus penyakit pernapasan, campak, bahkan HIV dapat dihambat pertumbuhannya jika cukup mengkonsumsi Vitamin A. Orang yang menderita penyakit yang disebabkan virus sering kekurangan Vitamin A. Vitamin A yang memadai sangat baik untuk membangun pertahanan tubuh, sehingga membuat pemulihan lebih cepat.
Vitamin A memainkan peranan penting dalam mencegah stroke. Penderita stroke sangat dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya Vitamin A.
Vitamin A bersama minoxidil dapat membantu dalam mengobati kebotakan. Vitamin A dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Selain itu, beberapa dari derivatif Vitamin A dapat membantu mengobati psoriasis.
Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan karena mampu meningkatkan kekuatan sel darah putih dan memperkuat sistem reproduksi dan tulang.
Ada beberapa gejala dan tanda yang dapat dikenali jika seseorang kekurangan Vitamin A. Gejala tersebut diantaranya mengalami rabun senja atau kesulitan saat melihat di malam hari, peradangan kulit hingga menjadi infeksi, hingga anemia.
Selain itu, kekurangan Vitamin A juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan tulang dan gigi, hingga syaraf. Hal tersebut bisa berdampak pada kerusakan gigi, perubahan bentuk tulang hingga mengakibatkan kelumpuhan.
Dengan segala manfaat yang terkandung didalamnya, Ayo bawa Balita anda untuk mendapatkan asupan Vitamin A di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, maupun klinik bidan. Jadikanlah Balita Anda memiliki mata yang sehat dan tumbuh secara kuat.

Tidak ada komentar: