Mari Makmurkan Masjid dengan Sholat Berjamaah di Masjid

Jumat, 02 Agustus 2013

Nuzulul Qur’an: Berapa Ayatkah Qur’an Kita Hafal?

Allah Ta'ala berfirman, "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (furqan, antara yang haq dengan yang bathil)" (Al-Baqarah: 185).
Demikianlah ayat yang dilantunkan oleh Iqbal dan Siti dalam peringatan nuzulul Qur’an, di mushola Al-Muhajirin Perumahan Tjitra Mas Residence, Kalisuren, Tajurhalang, Bogor (Ahad, 28/7). Bulan Ramadhan merupakan yang di dalamnya terlimpah berjuta ni'mat, salah satunya karena Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada bulan ini dan pada bulan ini pula turunnya anugerah "lailatul qadar".
“Sisi lain dan diturunkannya Al-Qur'an adalah sebagai penyadaran bagi umat bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk yang sempurna dan paripurna bagi orang-orang bertaqwa (Al-Baqrah: 2). Dan sebagai petunjuk kehidupan, mestinya kita jadikan Al-Qur'an sebagai pengarah langkah kehidupan kita, pijakan setiap amal kita, parameter serta barometer segala kehidupan kita.” Demikian tutur Ustadz Husni selaku penceramah pada acara yang dihadiri sekitar 200-an warga. Hal serupa pernah disampaikan Ustadz Khamdan dalam ceramah kuliah sore pada pekan sebelumnya (Ahad, 14/7) di hadapan para jemaah remaja Muhajirin, bahwa Rasulullah bersabda sebagaimana diriwayatkan Ali Bin Abi Tholib dan Utsman bin Affan bahwa seutama-utamanya kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya. Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya (HR Muslim).
“Sudah berapa ayatkah kita hafal dari Qur’an disbanding menghafalkan lagu Wali,misalnya? Tanya Ustadz Husni yang sekaligus sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Kalisuren.

Tidak ada komentar: